Saturday, February 7, 2009

Rendang Daging


Hari ini aku bikin rendang, kebetulan aku kena shift malam jadi lumayan punya cukup waktu untuk memasak.
Rendang lezat ini aku bikin pake resep dari buku saji. Enaknya dimakan pake gulai nangka dan kacang panjang, lalap daun singkong rebus plus sambel ijo hehe....
Resepnya menyusul, mo goreng donat kentang dulu......
Ini nich resepnya....

RENDANG DAGING
Source: Buku Saji (Aneka Rendang & Dendeng)

Bahan
600 gr daging (aku pakai 500 gr aja)
500 ml santan dari 3 btr kelapa (aku pakai 2 btr aja), kelapa kemudian dibuat santan lagi 1,5 ltr
2 cm lengkuas, memarkan
2 btg serai, memarkan
2 lbr daun kunyit (minta ama tetangga hehe...)
4 sdt garam

Bumbu halus
15 bh cabai keriting
5 bh cabai merah besar
15 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe
4 btr kemiri
1 sdt merica
2 1/2 sdt ketumbar

Cara membuat
  1. Potong daging melawan serat setebal 2 cm
  2. Rebus santan encer, bumbu halus, lengkuas, serai, daun kunyit, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan daging.
  3. Masak sambil sesekali diaduk di atas api sedang sampai daging empuk dan mengental.
  4. Tambahkan santan kental. Masak di atas api kecil sambil diaduk hingga berminyak.

0 comments: