Thursday, February 19, 2009

Nasi Gandul



Kalo ngaku orang Pati pasti tau dong Nasi Gandul.... Sebenarnya sich nasi putih biasa yang disiram kuah kecoklatan dengan potongan daging diatasnya dan taburan bawang goreng nyam...nyam...
Sekilas denger namanya kalo orang awam pasti dalam bayangannya adalah nasi yang digantung sehingga gondal-gandul makanya namanya nasi gandul hehe..... Salah besar, konon katanya dinamakan nasi gandul karena dalam penyajiannya piringnya dialas pake daun pisang sehingga nasinya menggantung (nggandul) ga nyentuh piring jadilah namanya nasi gandul.
Di warung-warung pejual nasi gandul biasanya disediakan lauk tambahan, ada empal daging, bacem jerohan & tempe goreng. Jadi kangen pulang kampung euuy.......
Karena tinggal dirantau & udah keliling-keliling muter-muter Makassar ga nemu penjual nasi gandul terpaksa mo ga mo harus bisa bikin sendiri, dan ini hasilnya..... Lets enjoy it...!!!!

Nasi Gandul
Source majalah Sedap

Bahan
250 gr daging kerbau/sapi, potong dadu
600ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 batang serai, dimemarkan
600 gr nasi putih
2 sendok makan minyak untuk menumis
4 sdm kecap manis (resep aslinya ga pake)


Bumbu halus
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
1 cm kencur
1 buah kluwek diambil isinya
1/4 sendok teh jintan
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
1 sdt garam

Cara membuat
  1. Tumis bumbu halus, daun salam, serai dan lengkuas hingga harum
  2. Masukkan daging lalu aduk hingga berubah warna, masukkan kecap manis.
  3. Tuang santan dan masak dengan api kecil sampai daging lunak dan kuah agak mengental.
  4. Sajikan dengan nasi putih hangat, taburi bawang goreng diatasnya (kalo suka manis bisa ditambah kecap manis ato sambel kecap).

2 comments:

resepkeluargacinta said...

Mbak..kayaknya daun so (daun melinjo)nya ketinggalan deh.. :D

hanna

Enny Lestari said...

Kalo pake daun so namanya bukan nasi gandul mbak, tapi nasi pindang (asli Kudus). Seingetku rasanya juga mirip-mirip gitu dech.... :-)